Tuesday 28 February 2012

ALAT-ALAT PERAGA DALAM PENYULUHAN KESEHATAN MASYARAKAT


1. Papan pengumuman
Papan pengumuman adalah salah satu media komunikasi kelompok yang biasanya ditujukan untuk target sasaran dalam lingkup tertentu. Dasar pembuatannya adalah sebuah papan informasi tradisional yang biasanya dibuat dari kayu, plastik, stereofoam, white board, dll. Papan pengumuman elektronik dibuat dari monitor TV atau LCD yangSelengkapnya.....tersambung dengan komputer kontrol yang akan menampilkan slide/flash yang berisi informasi.
Kegunaaan : sbg media penyampaian pesan dan informasi yang memiliki jangka waktu yang cukup panjang dalam penggunaannya.
Keuntungan :
• Dapat dikerjakan dengan mudah
• Merangsang perhatian orang
• Menghemat waktu dan membiarkan pembaca untuk belajar masalah yang ada
• Merangsang partisipasi
• Sebagai review/reminder terhadap bahan yang pernah diajarkan.
2. Over Head Projector (OHP)
Overhead Projector (OHP), yang diterjemahkan projektor lintas kepala adalah projektor yang dipergunakan untuk memprojeksikan objek diam yang tembus cahaya (transparan). Projeksi diterima oleh layar atau alternatifnya, sebagai misal dinding. Objek yang dimaksud adalah filem transparansi (misal: polifinil asetat) yang diberi tulisan atau gambar, sehingga bila diprojeksikan, pada layar akan tergambar bayangan tulisan atau gambar yang ada pada film transparansi.
Kegunaan : OHP adalah salah satu jenis alat (pesawat) projektor yang digunakan untuk memproyeksikan (memantulkan) objek yang tembus cahaya (transparan) ke permukaan layar.
Keuntungan : Dibandingkan dengan projektor yang lain, OHP mempunyai beberapa kelebihan, antara lain: (1) ruang presentasi tidak perlu dipergelap, (2) komunikator atau guru dapat selalu menghadap kepada khalayak atau kelas, (3) pembuatan perangkat lunak (transparansi) relatif mudah, cepat, dan murah, (4) filem transparansi dapat dipergunakan berulang kali, (5) dapat dipergunakan sebagai pengganti papan tulis, dengan menulis langsung pada filem transparansi kosong yang berada pada kaca landasan, sambil OHP dinyalakan.
3. Kertas Plip Chart dan penyangganya
Plifchar adalah gambar yang dibuat di atas sehelai kertas tebal. Penggunaan chart inidengan cara membuka atau membalik ke belakang. Pada chart ini menggunakan gambar-gambar tunggal.
Kegunaan: untuk membantu dalam intearksi proses belajar mengajar di kelas atau umum, untuk membantu menyajikan suatuinformasi bahan pelajaran yang berurutan yang ternyata sukar diperlihatkan pada satulembar
Keuntungan :
• Berisikan gambar – gambar untuk menjelaskan pesan yang hendak disampaikan
• Di lembar sebaliknya terdapat kalimat penjelasan gambar
• Mudah dibawa oleh penyuluh
• Ukuranya sesuai dengan target/jumlah peserta
• Gambar yang ditayangkan menarik, mudah dipahami dan sesuai dengan penjelasan yang disampaikan
4. Poster
Poster adalahmedia yangdigunakanuntuk menyampaikan suatuinformasi,saran atau ide-ide tertentu sehingga dapat merangsang keinginan yang melihatnya untuk melaksanakan isi pesan tersebut
Kegunaan :
a.Motivasi
Penggunaan poster dalam pengajaran/pendidikan kesehatan adalah sebgai pendorongatau motivasi kegiatan belajar-mengajar. Diskusi dapat dilakukan setelahdiperlihatkan sebuah poster mengenai sesuatu topik tertentu
b.Sebagai peringatan
Poster bisa menyadarkan setiap sasaran, pesan melalui poster yang tepat akanmembantu masnyadarkan sasaran sehingga bisa diharapkan untuk merubah perilakudalam praktek sehari-hari
c.Pengalaman yang kreatif
Sebagai alat bantu mengajar poster memberi kemungkinan untuk belajar kreatif dan partisipatif. Poster dapat memberikan pengalaman baru sehingga menumbuhkankraetivitas sasaran dengan cara belajar
d.kreativitas
Sebagai bahan untuk mengembangkan ide/kreativitas, Sebagai bahan pelajaran untuk suatu topik atau masalah tertentu, Sebagai petunjuk untuk dikerjakan peserta didik, Sebagai alat pendidikan preventif.
-Keuntungan :
a.Dapat membantu pembimbing dalam menyampaikan pelajaran dan membantu peserta forum untuk belajar.
b. Menarik perhatian, dengan demikian mendorong peserta untuk lebih giat belajar.
c. Dapat dipasang/ditempelkan di mana-mana, sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
d. Dapat menyarankan perubahan tingkah laku kepada peserta didik yang melihatnya.
5. Flash card
Adalah sebuah alat praga yangterbuat dari kartondan merupakansuatu rangkaiancerita yangtersusun danmempunyaiukuran normal 25x 30 cm
Kegunaan : dipergunakan didalam pertemuan kelompok yang beranggotakan 30orang apabila jumlahnya lebih banyak lagi maka biasanya kurang cocok karena tidak semua orang dapat melihat engan jelas gambar/cerita tersebut
Keuntungan :
Bisa disimpan dengan mudah
Tidak membutuhkan tempat yang khusus
Mudah dibawa kemana-mana
Pokok pembicaraan mudah diingat karena disajikan dalam bentuk cerita gambar
6. Model
Model disebut juga dengan benda tiruan, yang ukurannya lain dari benda sesungguhnya. Benda tiruan dapat dibuat dari bermacam-macam bahan seperti tanah, kayu, semen, plastik, stereofoam, dll.
Kegunaan : sebagai alat peraga, misalnya dalam promosi kesehatan
Keuntungan : mudah dibawa karena bisa bersifat lebih kecil dari benda asli, lebih praktis
7. Leaflet
Leaflet adalah selembar kertas yang berisi tulisan cetak tentang sesuatu masalah khususuntuk suatu sasaran dengan tujuan tertentu.
Penggunaan Leaflet
Untuk mengingatkan kembali hal-hal yang pernah dipelajari
Biasanya leaflet diberikan kepada sasaran setelah selesai pelajaran/penyuluhan ataudapat juga diberikan sewaktu kampanye untuk memperkuat ide yang disampaikan
Keuntungan Leaflet
Dapat disimpan lama dan jika lupa dapat dilihat kembali
Dapakai dipakai sebagai bahan rujukan
Isi dapat dipercaya karena dikeluarkan oleh instansi resmi
Jangkauannya sangat luas dan dapat membantu media lain
Dapat dipakai untuk bahan diskusi pada kesempatan yang berbeda
8. Film
Merupakan media presentasi berbasis audiovisual
Kegunaan: Menambah wawasan siswa dalam memahami contoh nyata dari fenomena permukaan bumi, sehingga materi yang diterima siswa bukan hanya sekedar teori tetapi pemahaman dan pengalaman audio visual.
Keuntungan : (1) Film dapat menyajikan kejadian-kejadian masa lampau yang tidak mungkin terulang kembali. Hal ini dapat diperlihatkan oleh film dokumenter.
(2) Film dapat menyajikan kejadian-kejadian yang berlangsung lama dalam waktu yang singkat. Misalnya perubahan-perubahan pada manusia, hewan, atau tumbuhan, dari bayi kecil sampai dewasa, dari biji jagung sampai menjadi tumbuhan jagung yang besar dan berubah hanya dalam beberapa menit saja.
(3) Film dapat menyajikan kejadian-kejadian yang penting-penting saja dari suatu kejadian atau peristiwa yang panjang. Dengan teknik editing hal-hal yang dianggap tidak perlu dihilangkan.
(4) Film dapat mengatasi keterbatasan manusia pada ruang dan waktu. Dengan demikian dapat memperluas cakrawala pengetahuan manusia.
(5) Dengan teknik “fotomikrografi” kita dapat mengikuti perkembangan organisme benda-benda kecil yang sebenarnya hanya dapat dilihat melalui mikroskop saja.
(6) Dengan teknik ’slow motion’ kita dapat mengikuti suatu gerakan lambat dari suatu aktivitas obyek yang sebenarnya berlangsung sangat cepat.
(7) Film dapat mempengaruhi emosi. Dengan kemampuan kamera dan teknik cinematografi dapat menyajikan perasaan, kesedihan, kegembiraan, ataupun kekejaman secara jelas. Dengan demikian penonton dapat meng¬identifikasikan secara emosional dengan apa yang ditontonnya.
(8) Dengan teknik pengambilan/shooting yang sempurna, film dapat memberikan pengalaman estetis yang memuaskan dan lain dengan yang dilihat secara langsung.
(9) Dengan film dapat mengembangkan daya imajinasi anak/ penonton.
(10) Dengan semua keistimewaan di atas, maka film menarik, memuaskan dan mempertinggi perhatian anak/penonton.
9. Slide Projector
Slides adalah bidang transparan yang bergambar. Bidang transparan itu dapat berupa kaca, plastik jernih atau seluloid. Gambar transparan tersebut kemudian diproyeksikan melalui alat yang disebut Slides Projector. Gambarnya bisa berupa hasil lukisan tangan, tetapi pada umumnya merupakan hasil pemotretan yaitu dengan menggunakan film 35 mm khusus untuk membuat slide.
Kegunaan : menampilkan bayangan sebuah gambar positif yang dapat ditembus cahaya.
Keuntungan : (1) Pembuatannya relatif mudah, demikian pula cara mengoperasi-kan proyektor slide tidak memerlukan ketrampilan teknis yang rumit. (2) Tiap gambar slide dapat dipertunjukkan satu persatu selama diperlukan dan akan memberikan kesempatan kepada penonton untuk memperhatikan lebih mendetail. (3) Kalau ada sebuah atau beberapa slide saja yang rusak atau tidak cocok lagi dengan keadaan, slide tersebut mudah disingkirkan dan diganti yang baru. (4) Karena gambar atau frame-frame yang terpisah, maka pembimbing mudah mengatur/ menyusun kembali penyajiannya sesuai dengan urutan sajian yang diinginkan. (5) Slide sudah dibuat duplikatnya. Dengan alat tertentu slide mudah untuk diperbanyak. Makin banyak sekolah yang membutuhkan slide tersebut berarti biaya produksi makin murah. (6) Slide dapat dipergunakan untuk pengajaran klasifikal, kelompok kecil maupun secara individual. (7) Tidak memerlukan banyak tempat untuk penyimpanannya.
10. Bahan-bahan asli : benda yang sesungguhnya baik hidup maupun mati. Merupakan alat peraga yang paling baik karena mudah serta cepat dikenal, mempunyai bentuk serta ukuran yang tepat.
Kegunaan : memberikan gambaran nyata kepada peserta didik
Keuntungan :
• Dapat menghindari salah pengertian/pemahaman atau salah tafsir.
• Dapat memperjelas apa yang diterangkan dan dapat lebih mudah ditangkap.
• Apa yang diterangkan akan lebih lama diingat karena lebih mengesankan.
• Dapat menarik serta memusatkan perhatian.
• Dapat memberi dorongan yang kuat untuk melakukan apa yang dianjurkan.
REFERENSI
http://www.scribd.com/doc/53643096/41/Persipan-Penggunaan-Flash-Card
Hamalik, U. 1980. Media pendidikan. Bandung: Alumni.
http://dosen.fip.um.ac.id/sihkabuden/?p=17
http://somelus.wordpress.com/2010/04/02/pengembangan-penyuluhan-melalui-media-cetak/

No comments: